Perbedaan Cireng Isi, Cimol, Cilung, Cilok, Bacil, Cilor pada Makanan Jajanan Khas Bandung


Halo Juraganers - Kali ini Juraganilmu mau share perbedaan macam-macam makanan unik khas bandung yang berbahan dasar Tepung Tapioka atau sering disebut Tepung Aci. Bagi beberapa orang yang tinggal di Kota Bandung mungkin tidak asing mendengar nama makanan Cireng, Cireng Isi, Cimol, Cilor dan Cilung, tetapi untuk beberapa Traveller yang sedang explore taman-taman kota Bandung atau yang sedang mencicipi jajanan khas Bandung mungkin kebingungan. Mengingat baik Cireng, Cimol, Cilok, Cilor dan Cilung memiliki perbedaan dari segi nama, bahan baku dan metode pembuatannya.

1. Cimol (Aci di Gemol)

Cimol Bandung

Merupakan makanan khas dan unik kota Bandung yang berbahan dasar Tepung Aci, berbentuk bulat seperti bola dan disajikan dengan bumbu bubuk yang ditabur pada cimol. Rasanya gurih, dan wajib untuk dicoba para traveller, pula bedanya dari isi cimol tidak memiliki isi seperti Cireng Isi, Cilok dan Bacil. Cimol benar-benar seperti bola, yang kopong dan kosong ditengahnya. Cara memasaknya biasanya direndam pada minyak beberapa menit, lalu dimasak api kecil dan aduk sampai mengembang matang.

2. Cireng (Aci di Goreng) Cireng Isi

 Cireng Isi Bandung RACIS
 Kedua, ada Cireng atau singkatan dari Aci digoreng, Cireng ada dua varian. Original dan Cireng isi, Cireng Iis merupakan Cireng yang berisi Bumbu rempah sambal dengan aneka varian rasa pada isi tengahnya. Kornet, Baso, Sosis, Keju, Kikil dan sebagainya. Cireng original pada umumnya tidak memiliki isian sama seperti cimol, bedanya tidak kopong dan tebal disajikan dengan gurih dan mulur.

Cireng isi merupakan perkembangan dari cireng pada umumnya, makanan ini mulai ada pada tahun 2008 dan dikembangkan oleh Racis Group (Rumah Cireng Isi)

Sebagai informasi, anda bisa membeli Rekomendasi cireng isi Bandung yang baik bernama Cireng Racis. Racis merupakan sebuah merk dari pedagang Cireng Isi, yang artinya Rumah Cireng Isi. Racis aman digoreng dan tidak meletup seperti cireng pasar pada umumnya, maka dari itu bagi anda yang mencari saran untuk mencicipi Cireng Isi bisa cari Racis. Bisa dibeli Ofline dan Online, jika ofline biasanya berdagang disekitaran perumahan mekar wangi Bandung setiap sore hari dengan gerobak yang berspanduk Racis, atau pesan di Kedai Layaran di Jl Bukit Raya, Cimbuleuit. Jika online bisa beli disini, klik: Cireng Isi Pedas Jajanan Khas Bandung

3. Cilung  (Aci di Gulung)

Cilung Bandung

Ketiga, ada Cilung atau singkatan dari Aci di Gulung. Memang dari segi namanya sudah mewakili representasi dari cara pembuatannya, Cilung berbahan dasar air dan Aci lalu di masak berbentuk tipis seperti lembaran lumpia, hanya saja cilung gurih dan mulur. Biasa disajikan dengan bumbu tabur.


4. Cilor (Aci Telor)

 Cilor Bandung

Berikutnya, Cilor. Merupakan jajanan yang tidak kalah hitsnya dengan jajaran makanan peracian lain nya. Tidak kalah unik, makanan ini hasil dari kolaborasi antara Cilok yang biasa disajikan dengan bumbu kuah, kali ini Cilok disajikan dengan gurihnya telor yang digoreng bersamaan. Unik yah.




5. Cilok (Aci dicolok)

 Cilok Bandung

Yang sudah lama ada, bahkan siapapun yang masa kecilnya di Kota Kembang maka tidak akan asing dengan yang namanya Cilok. Cilok merupakan singkatan dari Aci di Colok, beda dari yang lain cilok disajikan hangat selagi baru diangkat dikukus atau direbus dengan aneka bumbu kecap dan saus.


6. Bacil (Baso Cilok)

 Bacil BandungTerakhir ada Bacil, Bacil merupakan kreasi baru dari jajanan Bandung. Baru-baru ini Bacil menjadi trend dikalangan anak muda yang gemar ngemil. Bacil merupakan singkatan dari Baso Cilok, hampir  sama dengan cilok pada umumnya hanya saja dalam penyajian Bacil memiliki banyak kuah layaknya baso-baso yang dimangkuk pada umumnya.


Sekian kreasi makanan peracian hasil hunting saya di Kota Kembang, Bandung memang hits bagi penggemar cemilan. Maka tidak salah apabila anda mulai hunting mencari makanan legenda ini sembari nostalgia semasa kecil anda, untung saja makanan ini naik kembali dan mudah ditemukan dan bahkan dapat dibeli secara Online. Sekian pembahasan Perbedaan Cireng Isi, Cimol, Cilung, Cilok, Bacil, Cilor pada Makanan Jajanan Khas Bandung, semoga hunting makanan nya
thumbnail
Judul: Perbedaan Cireng Isi, Cimol, Cilung, Cilok, Bacil, Cilor pada Makanan Jajanan Khas Bandung
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Artikel Indonesia, Info Unik, Menarik, Travel :

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar dengan BIJAK, TIDAK SARA, Jangan menyinggung kelompok atau ras dan lainya... Dilarang SPAM. Melanggar terpaksa saya DELETE.
Thank.. Tinggalkan komentar.

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy