15 Makanan Unik Khas Kota Bandung


11 Makanan Unik Khas Kota Bandung
Gedung Sate, Bandung, Indonesia
Ternyata kota yang dijuluki “Kota Kembang” ini bukan saja menyimpan tempat wisata yang unik. Ternyata banyak icon kota bandung yang khas akan budaya dan kebiasaanya, salah satunya makan makanan yang khas kota bandung.

Bagi anda yang sedang ingin merencanakan atau sudah tiba di kota bandung sekedar traveling atau ada kepentingan lain jangan lupa mencicipi kuliner bandung yang satu ini. Di jamin rasa dan sejatinya beda dari yang lainya. Makanan ini selain murah dan mudah ditemukan namun rasanya tidak kalah dengan makanan kuliner khas kota lainya. Makanan ini selagi menyimpan keunikan tersendiri dan juga menyimpan ciri khas kota bandung yang tidak ada di kota lain, jika ada pasti hanya sedikit dan rasanya tidak se-asli kota bandung. Berikut ini makanan khas yang ada di Kota Bandung, Jawa barat, Indonesia.


1.Basreng (Baso di Goreng)
Makanan Unik Khas Kota Bandung Basreng
Basreng Pedas Bandung
Ini salah satunya makanan yang khas yang ada di kota bandung, mungkin hanya beberapa yang mengetahui makanan ini. Basreng ini adalah singkatan Baso Goreng tepatnya Baso yang di olah menjadi Gorengan dan tidak seperti biasanya yang berkuah. Basreng ini biasanya berharga Rp; 1000 – Rp; 3000 tergantung jumlah pembelian. Jika anda membeli ini jangan lupa untuk memberi bumbu yang telah biasanya disediakan oleh si penjual yang boleh diambil dengan sendiri, bumbu diantaranya yaitu rasa Keju, Manis, Asin, Pedas. Di kota bandung telah banyak orang yang mengenal makanan unik yang sederhana ini.


2.Tahu Jablay
Tahu Jablay Makanan Unik Khas Kota Bandung
Tahu Jablay Khas Kota Bandung
Cukup unik di dengar. Dari namanya saja sudah cukup membuat penasaran. Tahu Jablay adalah Tahu yang di potong hingga seperti dadu lalu di goreng dengan tepung krispi, dan nikmat dimakan selagi panas. Asal muasal namanya ini banyak yang tidak tahu apa maksud dari nama ini. Katanya yang memberi nama makanan ini adalah sekumpulan anak yang sedang menikmati hidangan ini sembari Guyon yang berlebihan “Katanya. Tahu ini juga hanya ada di beberapa tempat, dulu tahu ini banyak yang menyediakanya di kota tetapi sekarang tinggal sedikit yang masih menjualnya alias jarang ditemui. Harga makanan unik ini sekitar Rp; 3000/ porsi.


3.Piscok (Pisang Coklat)
Piscok (Pisang Coklat)
Pisang Coklat
Beda dari pisang yang lainya, biasanya makanan unik yang banyak diketahui adalah pisang keju, pisang goreng dll. Tetapi beda dengan yang satu ini yaitu Pisang yang di lumeri Coklat dan ditutup oleh kulit lumpia lalu digoreng. Memang nikmat dimakan selagi panas dengan coklat yang lembut membuat lidah dimanjakan, selain itu rasanya juga gurih dan manis. Kuliner yang satu ini mudah ditemukan di kota dan diberi harga yang cukup murah Rp; 1500 – Rp; 2000/ satu piscok.






Colenak Makanan Unik Khas Kota Bandung
Colenak Kota Bandung

4.Colenak
Singkatan dari dicocol enak, makanan ini berbahan dasar peyeum (Tape) yang di di bakar dan diberi saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah yang lembut. Makanan ini sudah lama menemani warga kota bandung dan masih bertahan hingga kini. 












Seblak Basah Makanan Unik Khas Kota Bandung
Seblak Basah Kota Bandung

5.Seblak Basah
Berbahan dari Aci Kerupuk (Sagu) yang direbus dan diolah menjadi bentuk yang seperti kripik lalu diolah kembali dengan di tumis di atas wajan lalu dicampur bumbu halus yang dan sedikit air. Rasanya renyah dan gurih namun sedikit berkuah. Sedia juga pilihan pedas, pesanan sesuai selera pembeli. Harganya Rp; 2000.






6.Cimol
Cimol Makanan Unik Khas Kota Bandung
Cimol Kota Bandung
Singkatan dari Aci Digemol yang terbuat dari bahan dasar tepung kanji yang dibuat dengan bentuk bulat kecil yang nantinya mengembang jika digoreng. Sama seperti Basreng makanan ini dibumbui hampir mirip dengan bumbu basreng, tapi terkadang berbeda. Rasanya kenyal dan sangat gurih lebih nikmat lagi di sajikan selagi panas.





7.Gehu Hot Jeletot
Gehu Pedas Makanan Unik Khas Kota Bandung
Gehu Hot Jeletot
Maksud dari Gehu adalah ToGe dan TaHu, dan yang dimaksud Jeletot adalah Pedas yang membuat mata melotot (Istilah pedas berlebihan) .Gehu yang dibuat dari Tahu yang di lumri tepung krispi dan di isi dengan gehu dan olahan bumbu pedas ini dihargai senilai Rp; 500 – 2000/ Gehu. (Tergantung ukuran gehu, lebih besar lebih mahal.





8.Siomay
Siomay Makanan Unik Khas Kota Bandung
Siomay dan Sausnya
Yang ini sudah banyak yang mengenalnya, hampir seluruh rakyat indonesia mengenalnya bahkan mencicipinya. Sampai sampai perusahan makanan terbesar membuat makanan ini dalam bentuk tersendiri yang dikemas, sampai-sampai di impor ke negri lain.  Siomay adalah makanan yang dibuat dengan cara dikukus. Makanan ini beraneka macam penyajianya, ada yang dengan sayuran seperti Kol, Pare, Kentang dll yang semuanya diolah dengan cara dikukus. Harga Rp;5000/-Porsi.




9.Tahu Lembang
Tahu Lembang dan Isinya
Unik dan menarik dengan tahu yang lainya, tahu yang lainya biasa dibuat dengan adonan kedelai tetapi beda dengan yang satu ini. Tahu lembang, tahu yang dibuat oleh Susu Sapi.








10.Cilok
Cilok Makanan Unik Khas Kota Bandung
Cilok Bandung
Namanya singkatan dari “Aci di Colok”. Cilok sesuai namanya artinya berbahan dasar Tepung Aci. Cara pembuatanya cukup mudah, Aci yang diadoni dengan bahan lainya dan dibuat dengan bentuk bulat dan biasanya di isi dengan berbagai bahan tambahan, biasanya Cilok yang besar berisi Telor rebus. Cilok ini dihargai Rp; 500/ per butir cilok dan Rp; 3500/ per butir untuk Cilok Besar dengan berbagai isi.



11.Mie Kocok
Mie Kocok Makanan Unik Khas Kota Bandung
Mie Kocok Bandung
Mie yang satu ini biasa dijual oleh penjual yang berdagang menggunakan gerobak layaknya tukang baso. Mie Kocok ini diolah dengan mie yang berbentuk sedikit datar dan untuk hidanganya diberi berbagai sayuran seperti Toge dan juga berupa makanan tambahan seperti kikil sapi yang empuk yang sudah direbus matang. Di sebut mie kocok adalah cara pengolahanya yang di aduk layaknya di kocok. Biasanya di beri harga Rp; 5000/ Porsi.




Nasi Tutug Makanan Unik Khas Kota Bandung
Nasi Tutug Oncom Bandung

12.Nasi Tutug Oncom
Nasi yang di olah dengan cara di Bakar beserta bumbu Oncom dan diberi sedikit Tepung Kerupuk (Tapioka). Biasanya dimakan dengan tambahan Sambal dan Kerupuk dan juga sedikit sayuran. Harganya Rp; 15.000 – 25.000 / per porsi.








Bandros Makanan Unik Khas Kota Bandung
Bandros Bandung

13. Bandros
Bandros kota bandung adalah makanan yang tebuat dari tepung terigu yang di adoni dengan santan kelapa. Lalu di masak di atas cetakan cekung dengan taburan kelapa parut. Lebih enak disaji selagi baru matang. Harga Rp; 3000/ 5 bandros.







14. Combro

Singkatan dari bahasa sundanya oncom di dalam, bahasa sundanya 'Oncom di Jero' Terbuat dari Ubi dengan tepung aci dan di isi dengan sambal kering tumis oncom.


15. Cireng 
Cireng Makanan Unik Khas Kota Bandung
Cireng Dulu
Cireng singkatan dari 'Aci di Goreng' adalah makanan yang sangat terkenal asal kota bandung dan banyak mengalami banyak perubahan. Cireng yang berbahan dasar Tepung Aci yang di buat menjadi adonan dulunya hanya berisi Sambal Oncom, tetapi beda dengan sekarang.

Cireng Makanan Unik Khas Kota Bandung
Cireng Sekarang
Cireng yang sekarang berisi dengan berbagai rasa yaitu Keju, Ayam Pedas, Kornet, Sapi Panggang dan lainya. Serta dari segi bentuk cireng yang dahulu dan sekarang berubah. Dulu hanya berbantuk lonjong mengasal dan sekarang sudah ada yang di cetak menggunakan cetakan khusus sehingga lebih unik dan menarik.
Harga Cireng sekarang (Cireng Isi) adalah 2000/ Buah. Rasanya gurih dan dengan berbagai rasa yang menarik yang seakan ingin menikmati lebih dari satu.



Sebagai informasi, bagi anda yang kebetulan di Bandung dan ingin mencari Cireng Isi Khas Bandung yang sudah admin coba, bisa beli secara ofline atau online produk RACIS (Rumah Cireng Isi Bandung) yang dimana Cireng ini mulur, tidak meledak saat digoreng, beda dari cireng pasar pada umumnya yang meledak saat dimasak. Cireng Racis mengembang dan aman saat di Goreng, Gurih Mulur seperti Video dibawah ini. Bisa dipesan secara Online klik disini dan Ofline (datang langsung ke penjual) biasanya berdagang di Mekar Wangi menggunakan gerobak yang berspanduk RACIS atau bisa lihat produknya di Instagram @CirengIsiRacis. Tersedia varian rasa Cireng Isi Pedas dan Cireng Isi Tidak Pedas, yang berisi Rempah sambal khas Racis dengan rasa Kornet, Ayam, Keju, Sosis, Baso, Kikil.





Sekian info "15 Makanan Unik Khas Kota Bandung" menarik dari wisata bandung kali ini. Semoga bermanfaat menambah wawasan bagi anda yang sedang ingin tahu lebih dalam tentang kota bandung. Klik iklan yang ada di Widget sebelah kananya ya gan untuk membantu blog ini maju, dan sebagai tanda terima kasih.

Baca Juga: Taman-taman unik di Bandung yang Patut dikunjungi

thumbnail
Judul: 15 Makanan Unik Khas Kota Bandung
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Info Unik, Menarik, Travel :

1 komentar:

  1. Jempol banget deh untuk makanan khas Bandung ini... soalnya sllu bikin sya ga nahan untk ga makannya... hihi
    Di Bandung juga ada makanan unik khas Bandung loh,yakni Ayam Dadar Bandung, Ayam Goreng Rempah yang Khas , silahkan di cek... Kunjungi gerai2 kami dan rasakan kenikmatannya ;)

    ReplyDelete

Berkomentar dengan BIJAK, TIDAK SARA, Jangan menyinggung kelompok atau ras dan lainya... Dilarang SPAM. Melanggar terpaksa saya DELETE.
Thank.. Tinggalkan komentar.

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy